Cara Membuat Masker Bengkoang

Perawatan wajah tidak selamanya harus mahal, sebab dengan bahan-bahan alami sederhana yang mudah dijumpai di sekitar, kita pun dapat melakukan perawatan wajah. Salah satunya adalah dengan cara membuat masker bengkoang. Bengkoang memiliki banyak kandungan vitamin yang sangat baik untuk perawatan kulit wajah.

Bengkoang adalah salah satu buah yang termasuk dalam kategori umbi-umbian. Sama seperti jenis umbi-umbian yang lain, bengkoang juga tumbuh di bawah tanah sebagai akar tumbuhannya yang menjalar. Warna daging bengkoang adalah putih susu dengan kulit yang berwarna cokelat. Bengkoang memiliki banyak sekali manfaat, selain tentu saja enak untuk dimakan begitu saja atau diolah menjadi rujak, bengkoang juga dapat dijadikan masker untuk mengatasi masalah pada kulit wajah, baik yang berjerawat atau pun masalah yang lain seperti kurang lembab atau kurang cerah.

Jika Anda ingin membuat masker bengkoang, tapi Anda sama sekali belum pernah membuatnya, jangan khawatir karena proses pembuatan masker bengkoang sangatlah mudah. Berikut ini akan saya jelaskan cara membuat masker bengkoang dengan cara yang sederhana.

Tata Cara Membuat Masker Bengkoang

  1. Siapkan bengkoang segar dalam ukuran sedang.
  2. Lalu kupaslah bengkoang tersebut. Untuk Anda yang belum terbiasa mengupas bengkoang, saya beri tahu bahwa untuk mengupas bengkoang Anda tidak perlu untuk menggunakan pisau, cukup ditarik kulitnya dari ujung atas ke ujung bawah. Bengkoang sangat mudah dikupas, namun kadang-kadang pada beberapa bengkoang kerap meninggalkan sisa kulit tipis saat dikupas, bersihkan kulit-kulit tersebut dengan menggunakan pisau.
  3. Setelah selesai dikupas, cuci bengkoang tersebut dengan air dingin hingga bersih.
  4. Kemudian siapkan parutan yang bersih untuk memarut bengkoang hingga hancur. Usahakan air yang keluar dari daging bengkoang saat diparut tersebut tidak Anda peras, biarkan saja, sebab air tersebut merupakan sari bengkoang yang mengandung banyak vitamin.
  5. Setelah selesai, masukkan parutan bengkoang ke dalam wadah, campur dengan madu murni dan cairan putih telur, aduk hingga sedikit kental.
  6. Masker bengkoang Anda siap dipakai. Jangan lupa pakai kuas lembut untuk mengoleskannya di wajah Anda secara merata.
  7. Diamkan wajah Anda dibalik masker bengkoang selama 20 sampai 30 menit, lalu basuh dengan air dingin.

Terima kasih telah membaca artikel tentang cara membuat masker bengkoang ini, semoga bermanfaat.

Berita Kesehatan
Cara Membuat Masker Bengkoang | Ervan imam widianto | 4.5